Minggu, 11 Oktober 2015

TUGAS 3

GEDE NGURAH YOGA PRAMANA / 1404505078
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
E-APPLICATION
I PUTU AGUS EKA PRATAMA, ST. 


DIAGRAM UML


UML (Unified Modeling Language) adalah sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML tidak hanya merupakan sebuah bahasa pemograman visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic, atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object-oriented database.
Adapun macam-macam diagram pada UML :
1. Use Case Diagram
2. Activity Diagram
3. Sequence Diagram
4. Communication Diagram 
5. Class Diagram
6. State Machine Diagram
7. Component Diagram
8. Deployment Diagram
9. Composite Structure Diagram
10. Interaction Overview Diagram
11. Object Diagram
12. Package Diagram
13.  Timing Diagram



Use Case Diagram
Use Case Diagram adalah abstraksi dari interaksi antara system dan actor. Use case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipe interaksi antara user sebuah system dengan systemnya sendiri melalui sebuah cerita bagaimana sebuah system dipakai. Use case merupakan kontruksi untk mendeskripsikan bagaimana system akan terlihat di mata user. Sedangkn use case diagram memfalisitasi komunikasi di antara analis dan pengguna serta analis dan client.








Adapun aktor yang terlibat dalam use case diagram toko online adalah:
• Member
Member dapat melakukan login, melakukan order, dan melakukan pembayaran.
• Admin
Admin dapat melakukan semuanya melalui login. Admin dapat melakukan pengecekan pada setiap transaksi yang terjadi yaitu melakukan pengecakan orderan dari member, melakukan pengecekan pembayaran yang dilakukan member , melakukan pengecekan barang dan menghubungi suplier (tergantung barang didapat darimana).

Class Diagram 
Class adalah deskripsi kelompok obyek-obyek dengan property, perilaku(operasi) dan relasi yang sama. Sehingga dengan adanya class diagram dapat memberikan pandangan global atas sebuah sistem. Hal tersebut tercermin dari class-class yang ada dan relasinya satu dengan yang lainnya. Sebuah sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram.Class diagram sangat membantu dalam visualisasi struktur kelas dari suatu sistem.

Class Digram Toko Online 

Sequence Diagram
Sequence digunakan untuk menggambarkan perilaku pada sebuah scenario. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antar objek juga interaksi antara objek, sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.

Form untuk masuk atau login
Form untuk melihat produk

Form untuk mengedit produk
Form untuk menghapus produk
Form untuk menambahkan produk

Form untuk pembelian produk



ERD Toko Online 
ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. 


ERD toko online



0 komentar:

Posting Komentar