Selasa, 03 Maret 2015

APA ITU JAVA, CLASS, PEWARISAN DAN PEMBUNGKUSAN

GEDE NGURAH YOGA PRAMANA / 1404505078
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
I PUTU AGUS EKA PRATAMA, ST. MT




JAVA

Java adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya c++. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Sun microsystems yang dikembangkan pada tahun 1995. Awalnya java diciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems. Uniknya nama java diambil dari nama pulau jawa ( bahasa inggris dari jawa ) karena James Gosling " Bapak Java " menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau Jawa . Jadi kita perlu berbangga menjadi warga negara Indonesia.  

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek, maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek sehingga sangat memudahkan untuk mendesain , membuat dan mengembangkan program java dengan cepat . Kelebihan ini membuat program java menjadi mudah untuk digunakan oleh banyak orang. Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan oleh banyak  sistem operasi , seperti : Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan Sun Solaris ( Multiplatform ) .

Kelebihan Java:
1. Berorientasi objek, Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti, sehinnga mudah digunakan. Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni.
2. Mirip c++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++. Sehingga para pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java.
3. Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi.
4. Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java. Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar (Java Archiv).
5. Mempunyai pengumpulan sampah otomatis.


Kekurangan Java:
1. Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu.
2. Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit



CLASS

Class adalah suatu “blueprint” atau “cetakan” untuk menciptakan suatu instant dari object. Class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.

Sesuai dengan keterangan diatas dapat diartikan bahwa class itu bahan dasar sebelum kita membuat sesuatu, atau juga merupakan sebuah wadah dari apa yang kita buat. Misalkan kita ingin membuat tempe, tentu saja harus ada bahan dasarnya yaitu kedelai, atau ketika kita mempunyai mangga,apel,dan durian maka ketiga benda tadi masuk dalam kumpulan yang bernama buah. Dari kedua contoh tersebut kita bisa menentukan mana “class” dan mana “object”, pada Tempe merupakan object yang dibuat dari class Kedelai.Dan mangga,apel,durian merupakan kumpulan object dari class Buah.

INHERITANCE (PEWARISAN)

Seperti halnya dalam arti Pewarisan itu sendiri yang dimaksud dengan Inheritance adalah dimana suatu entitas/obyek dapat mempunyai entitas/obyek turunan. Dengan konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan.

Seperti halnya manusia pada umumnya terdapat orang tua dan anak pada PBO juga dikenal parent class atau base class dan subclass atau child class. Dimana subclass atau childclass mewarisi semua data yang ada di parent class atau base class atau dapat disimpulkan jika subclass atau childclass adalah perluasan dari parent class atau base class. Dalam contohnya kita dapat mengambil contoh mahluk hidup sebagai parent class dengan method bernafas,bergerak,dan berkembang biak. Dan kita menentukan manusia,hewan,dan tumbuhan sebagai childclass dmn method dari parent class terdapat dalam childclass atau dalam deklarasinya dapat kita tulis public class manusia extends mahluk_hidup { … }

KEUNTUNGAN INHERITANCE:
1. Subclass menyediakan state/behaviour yang spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code dari superclass yang telah ada.
2. Programmer Java dapat mendefinisikan superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour dan state secara umum.

ISTILAH INHERITANCE:
Extends: ini adalah keyword agar sebuah class menjadi subclass.
Superclass: Menunjukkan class yang berarti parent class dari subclass/class anak.
Subclass: adalah class anak atau turunan dari superclass/parent class.
Super Keyword: untuk memanggil konstruktor dari superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass.
Methode Overriding: Pendefinisian ulang method yang sama pada subclass
Dalam inheritance, method overriding berbeda dengan method overloading.
Jika method overriding adalah mendefinisikan kembali method yang sama, baik nama method maupun signature atau parameter yang diperlukan dalam subclass,
Sedangkan method overloading adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama saja.

PEMBUNGKUSAN ATAU ENCAPSULATION

Ciri kedua dari OOP adalah adanya pembungkusan. Artinya data-data dan method akan dibungkus menjadi paket objek yang merupakan satu-kesatuan sehingga dapat bekerjasama dalam melaksanakan tugas-tugas pemrograman tertentu Ciri kedua dari OOP adalah adanya pembungkusan. 

0 komentar:

Posting Komentar