Selasa, 31 Maret 2015

USE CASE DIAGRAM DAN SEQUENCE DIAGRAM

GEDE NGURAH YOGA PRAMANA / 1404505078JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS UDAYANA
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
I PUTU AGUS EKA PRATAMA, ST.
 


USE CASE DIAGRAM


Use case adalah rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait  dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor. Use case digunaka untuk membentuk tingkah laku benda/thing dalam sebuah mode serta direalisasikan  oleh sebuah collaborator, umumnya use case digambarkan dengan sebuah elips dengan garis ynag solid, biasanya mengandung nama.  Use case menggambarkan proses system (kebutuhan system dari sudut pandang user). secara umum use case adalah:

1.       Pola perilaku system
2.       Urutan transaksi yang berhubungan yang dilakukan oleh actor

Use case diagram terdiri dari:

1.       Use case
2.       Actor
3.       Relationship
4.       System boundary boxes
5.       Packages



SEQUENCE DIAGRAM


Diagram sequence merupakan salah satu yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan; message (pesan) apa yang dikirim dan kapan pelaksanaannya. Diagram ini diatur berdasarkan waktu. Obyek-obyek yang berkaitan dengan proses berjalannya operasi diurutkan dari kiri ke kanan berdasarkan waktu terjadinya dalam pesan yang terurut.

Diagram  sequence menampilkan  interaksi  antar  objek  dalam  dua  dimensi. Dimensi   vertikal   adalah   poros   waktu,   dimana   waktu   berjalan ke  arah  bawah. Sedangkan dimensi horizontal merepresentasikan objek-objek individual. Tiap objek (termasuk actor) tersebut mempunyai waktu aktif yang direpresentasikan dengan kolom vertikal yang disebut  dengan  lifeline.  Pesan  (message)  direpresentasikan  sebagai  panah  dari  satu lifeline ke lifeline yang lain. Message digambarkan sebagai garis berpanah dari satu objek ke objek lainnya. Pada fase desain berikutnya, message akan dipetakan menjadi operasi/metoda dari class.

Diagram sequence ini biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah – langkah yang dilakukan sebagai respon dari sebuah event untuk menghasilkan ouput tertentu, dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan ouput apa yang dihasilkan.



Dibawah ini saya membuat sebuah USE CASE DIAGRAM tentang simak Fakultas Teknik Udayana dan juga SEQUENCE DIAGRAM tentang Fakultas Teknik Udayana juga.

Use case diagram simak ft Unud.


         Diatas adalah salah satu contoh use case diagram yang saya buat tentang simak ft Unud. Bisa dilihat bawha use case diagram diatas yang mempunyai wewenang tertinggi adalah admin karena, adminlah yang memilah semua data yang dimasukan oleh mahasiswa maupun dosen sedangkan mahasiswa hanya berwenang untuk login, melakukan registrasi KRS setelah satu semester, mencetak KRSnya dan juga melihat hasil nilai ipk mahasiswa tersebut. Sedangkan dosen hanya dapat melakukan login dan mengurus nilai dari mahasiswa tersebut.


      Sedangkan ini merupakan contoh dari sequence diagram yang saya buat, tetapi hanya dari loginnya saja. Kita melakukan login dan bagian admin akan mengecek apakah password yang kita masukan benar atau tidak, dan setelah password kita dapat diterima oleh admin barulah kita bisa memasuki ke bagian Menu Utama dan jika password yang kita berikan salah maka admin akan memberi peringatan kepada kita/user. Begitulah kira-kira sequence diagram yang saya buat.

2 komentar:

  1. halo k ada lanjutan nya gak SEQUENCE DIAGRAM nya

    BalasHapus
  2. halo k ada lanjutan nya gak SEQUENCE DIAGRAM nya

    BalasHapus